Beberapa Dasar Nilai Investasi
Beberapa Dasar Nilai Investasi Sumber : statically.io

Beberapa Dasar Nilai Investasi

Investasi nilai merujuk pada filosofi atau praktek beli saham yang pada intinya sehat, tapi harga sahamnya kurang dari nilai yang kelihatan. Ada beberapa tanda yang dipakai investor nilai untuk tentukan jika perusahaan itu sehat dan sahamnya undervalued. Untuk investor nilai, kemungkinan lebih dari style investor yang lain, ia lebih perduli mengenai usaha dan esensialnya dibanding dampak lain di harga saham.

 

Sumber : irmadevita.com

 

Esensial seperti dividen, perkembangan dividen, cash flow dan nilai buku lebih bernilai dibanding kemampuan pasar di harga saham. Investor nilai biasanya ialah investor membeli dan tahan. Mereka akan menggenggam saham untuk waktu lama dan tidak perduli dengan fluktuasi harga saham periode pendek.

Saat seorang investor nilai putuskan jika esensialnya bagus, tapi sahamnya diperjualbelikan di bawah nilai yang kelihatan, ia mengetahui jika ini ialah calon investasi prospektif. Logikanya ialah jika pasar sudah salah memandang saham. Kebalikannya, saat pasar koreksi kekeliruan ini, harga saham semestinya naik ke arah titik nilai yang terlihat.

 

Sumber : okezone.com

 

  • Bagaimana investor mendapati nilai sebagai investasi prospektif?
  • Rasio harga-pendapatan ada di 10 % paling rendah untuk fragmennya
  • Rasio hutang pada ekuitas kurang dari 1
    – Rasio P/B kurang dari 1
    – Nilai PEG kurang dari 1
  • Saham diperjualbelikan pada 60-70% dari nilai sebetulnya

P/E (Price to Earning Ratio) dihitung dengan membagikan harga per saham sekarang ini dengan keuntungan per saham tahunan. Makin tinggi price-to-earning-to-earning, makin banyak perkembangan penghasilan yang diharap investor dan premi yang semakin tinggi yang siap mereka bayarkan untuk perkembangan yang diharap ini.

Debt to equity dihitung dengan membagikan keseluruhan kewajiban dengan ekuitas pemegang saham.

Price to book nilai dihitung dengan ambil harga per saham sekarang ini dan membagikan dengan nilai buku per saham.

Harga, Hasil, dan Perkembangan (PEG) dihitung dengan ambil harga pada penghasilan dan membagikan dengan perkembangan penghasilan yang diharap.

Nilai intrinsik saham ialah proses yang kompleks dan mayoritas investor menganggap sebagai pengetahuan yang tidak tepat. Nilai intrinsik satu perusahaan atau asset biasanya ditetapkan berdasar pemahaman dasar mengenai nilai. Nama merk, niat baik, dan kendala untuk masuk ke pasar ialah faktor-faktor yang hendak tentukan nilai intrinsik satu saham. Anda kemungkinan berminat untuk mengecek MorningStar.com untuk menolong Anda tentukan nilai intrinsik satu saham. Mereka hitung angka yang disebutkan “nilai lumrah” yang serupa dengan nilai intrinsik.

 

Sumber : medcom.id

 

Banyak investor sudah tingkatkan kekayaan mereka secara berarti dengan memakai pendekatan berbasiskan nilai untuk melakukan investasi. Rangkuman Investasi Nilai ini merekomendasikan filosofi yang bekerja baik dari hari ke hari bila Anda beli dengan berhati-hati dan memakai kesabaran untuk mempertahankannya dalam periode panjang.