Pengertian dan Manfaat Aplikasi Pajak Online

Menurut Surat Selebaran Ditjen Pajak Nomor Se-42/PJ/2017 mengenai Panduan Penerapan Penyelamatan Transaksi bisnis Electronic Service Pajak Online, aplikasi online pajak diartikan sebagai mekanisme electronic yang disiapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak atau penyuplai jasa program perpajakan (Application Servis Provider/ASP).

Karena ada program pajak yang sudah dilakukan secara online ini, mekanisme service perpajakan di Indonesia bisa jadi lebih tepat, cepat, dan terbuka. Apa tipe aplikasi pajak online dan faedah pemakaiannya.

Faedah Aplikasi Pajak ‘Online’

Aplikasi pajak online mempunyai beberapa faedah untuk harus pajak, salah satunya ialah:

Catatan: Jika ada yang gampang, mengapa harus repot? Percaya Masih Manual? Melapor Pajak Online Saja!

Efektif Waktu dan Tenaga

Kedatangan program pajak membuat harus pajak tak perlu menghabiskan waktu dengan repot bertandang ke dan berbaris di KPP paling dekat untuk memberikan laporan pajak. Laporan pajak bisa dilaksanakan kapan saja dan di mana saja secara real time asal harus pajak tersambung ke koneksi internet.

Operasionalisasi Ringkas dan Simpel

Agar bisa memakainya, harus pajak perlu masuk ke situs penyuplai service program pajak, simpel kan? Disamping itu, program pajak sediakan mekanisme yang ramah pemakai dan ringkas, hingga harus pajak tidak susah menjalankan servicenya. Walau demikian, dibutuhkan kecermatan supaya tidak terjadi kekeliruan dalam melakukan ketetapan dan beberapa langkahnya.

Meminimalkan ‘Human Error’

Memakai program pajak online, pengisian formulir SPT jadi lebih tepat karena tiap data yang ditempatkan akan divalidasi oleh mekanisme hingga bisa meminimalkan kesalahan bukannya bila dilaksanakan lewat cara manual.

Keamanan Data Terjaga

Data-Data SPT yang dikatakan lewat cara online semakin lebih terjaga keamanannya karena dilaksanakan tanpa mediator, langsung dari harus pajak ke mekanisme penyuplai service perpajakan. Kebocoran data bisa dijauhi hingga kerahasiaan data pemakai tetap aman.

Contoh program pajak online

Beberapa jenis Aplikasi Pajak

Berikut beberapa macam aplikasi pajak yang dikeluarkan oleh DJP untuk mempermudah lakukan aktivitas perpajakan.

e-Registration

Pertama ialah program e-Registration. Mekanisme ini layani harus pajak yang ingin lakukan registrasi lewat cara online dengan DJP.

Harus pajak bisa mendaftarkan atau lakukan penghilangan NPWP, dan ajukan permintaan penetapan atau penghilangan Pebisnis Terkena Pajak (PKP), dan lakukan peralihan data harus pajak.

e-Faktur

Program pajak yang ke-2 ialah e-Faktur. e-Faktur ialah bukti pungutan pajak atas Barang/Jasa Terkena Pajak (PPN) yang dibikin oleh PKP secara online. Lewat program ini, harus pajak bisa ajukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan sertifikat digital.

Ingat! tidak dapat kembali dilaksanakan dengan manual, Mulai Agustus 2020, Membuat Bukti Potong PPh 23/26 Harus Memakai e-Bupot

e-SPT

Program pajak online ke-3 yakni e-SPT sebagai program yang dipakai oleh harus pajak untuk membikin Surat Pernyataan (SPT) Periode atau Tahunan. Merujuk pada Ketentuan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 9/PMK.03/2018 mengenai Surat Pernyataan (SPT), penerbitan e-SPT dilaksanakan untuk mempermudah pengendalian SPT dan memberikan dukungan kelancaran usaha.

e-Filing

Setelah itu program e-Filing. Dengan program ini, harus pajak dapat memberikan laporan Surat Pernyataan (SPT) lewat cara online dan real time lewat situs sah DJP dan penyuplai jasa program (Application Servis Provider/ASP). Tetapi, agar bisa memberikan laporan SPT dengan onlinepajak e-Filing, yakinkan harus pajak mempunyai nomor EFIN lebih dulu.

e-Billing

Program pajak online paling akhir ialah e-Billing. yang mulai dikeluarkan semenjak tahun 2013. e-Billing sebagai service untuk bayar pajak lewat cara online lewat pengisian Surat Setoran Electronic (SSE) Pajak. e-Billing memungkinkannya harus pajak membayar 24 jam, memakai ATM atau mobile banking.

Contoh program pajak online Klikpajak

Lebih Gampang, Pakai Klikpajak

Tidak terbatas yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak saja. Ada pula program pajak yang diperkembangkan oleh perusahaan penyuplai jasa program perpajakan seperti Klikpajak yang disebut partner sah DJP.

Klikpajak ialah Penyuplai Jasa Program Pajak (PJAP) atau Application Servis Provider (ASP) partner sah DJP yang ditetapkan dengan Surat Keputusan DJP No. KEP-169/PJ/2018.

“Klikpajak mempunyai feature komplet sebagai program pajak online yang menolong memudahkan masalah perpajakan untuk Anda beberapa aktor usaha, konselor pajak, atau untuk Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Memakai Klikpajak, Anda bisa secara mudah mengurus perpajakan usaha, pajak individu atau pajak tubuh, dimulai dari hitung sampai melapor pajak. And dapat memakai feature melapor pajak di e-Filing dan membuat ID Billing di e-Billing Klikpajak gratis selama-lamanya.

Laporan SPT Pajak yang dikatakan langsung akan masuk ke database DJP hingga prosesnya syah dan benar. Daftar e-mail Anda saat ini di www.klikpajak.id untuk mendapatkan beragam service keringanan perpajakan Anda. Hanya click, semua masalah pajak Anda usai dalam waktu cepat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.